728x90 AdSpace

  • Latest News

    Tuesday, January 31, 2017

    Karakteristik Penilaian Pembelajaran IPS

    a. Karakteristik Penilaian Pembelajaran IPS
    Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melaksanakan penilaian :
    1) Penilaian diarahkan untuk mengukur pencapaian Kompetensi Dasar (KD) pada Kompetensi Inti (KI-1, KI-2, KI-3, dan KI-4).
    2) Penilaian menggunakan acuan kriteria, yaitu penilaian yang dilakukan dengan membandingkan capaian siswa dengan kriteria kompetensi yang ditetapkan. Hasil penilaian baik yang formatif maupun sumatif seorang siswa tidak dibandingkan dengan skor siswa lainnya namun dibandingkan dengan penguasaan kompetensi yang dipersyaratkan.
    3) Penilaian dilakukan secara terencana dan berkelanjutan. Artinya semua indikator diukur, kemudian hasilnya dianalisis untuk menentukan kompetensi dasar (KD) yang telah dikuasai dan yang belum, serta untuk mengetahui kesulitan belajar siswa.
    4) Hasil penilaian dianalisis untuk menentukan tindak lanjut, berupa program peningkatan kualitas pembelajaran, program remedial bagi siswa yang pencapaian kompetensinya di bawah KBM/KKM, dan program pengayaan bagi siswa yang telah memenuhi KBM/KKM. Hasil penilaian juga digunakan sebagai umpan balik bagi orang tua/wali siswa dalam rangka meningkatkan kompetensi siswa. Beberapa karakteristik penilaian IPS adalah :
    1) Penilaian pembelajaran IPS mengacu pada ketuntasan KD
    Dalam pembelajaran IPS, ketuntasan penilaiannya dilakukan setelah tercapainya satu tema. Satu tema bisa terdiri atas beberapa KD. Setiap KD dalam satu tema tidak selalu memuat seluruh indikator, artinya satu KD baru tuntas setelah
    beberapa tema dipelajari. Oleh karena itu penilaian yang seharusnya dilakukan setiap KD, namun pelaksanaan pembelajarannya bisa berdasarkan tema.
    2) Penilaian dikembangkan secara terpadu. skill/keterampilan. Berbagai jenis, teknik dan bentuk penilaian yang variatif digunakan agar diperoleh informasi
    pencapaian kompetensi peserta didik yang objektif, dan komprehensif.
    3) Pengembangan instrumen penilaian untuk pembelajaran IPS secara terpadu mencakup aspek afektif, kognitif dan
    4) Menurut Permendikbud No. 53 tahun 2015, pendekatan penilaian yang digunakan adalah penilaian autentik. Penilaian Autentik adalah bentuk penilaian yang menghendaki peserta didik menampilkan sikap, menggunakan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dari pembelajaran dalam melakukan tugas pada situasi yang sesungguhnya.

    Sumber : Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas X SMA-LB/Kementerian
    Pendidikan dan Kebudayaan.-- Jakarta:Kementerian Pendidikan
    dan Kebudayaan, 2016
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Karakteristik Penilaian Pembelajaran IPS Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top